Rabu, 02 Desember 2015

 MENCARI REBUNG

Adakalanya murid lebih pintar dari gurunya. Cerita berikut merupakan salah satu buktinya. 

Saat itu saya merupakan guru baru di SDN 14 Sedahan Kabupaten Kayong Utara. Suatu hari dengan ditemani beberapa orang siswa, kami pergi mencari rebung di bukit belakang sekolah. Rebung adalah bambu muda yang enak dimakan, teksturnya unik (krenyes-krenyes), aromanya khas. Makan rebung bukan hal yang asing tapi mencarinya langsung di hutan merupakan pengalaman baru bagi saya.

Berbekalkan parang pendek penuh semangat kami berangkat. Dalam benak terpikir bahwa rebung di bukit tersebut pasti banyak karena dikejauhan pohon bambu terlihat sangat lebat. Bukit yang asri. Udara segar membuat perjalanan menyenangkan. Tak terasa sampai pada tempat tujuan.

Dalam rimbunan rumpun bambu saya melihat-lihat ke atas. Melihat pucuk batang bambu muda. Mencari rebung. 
Melihat gelagat saya tersebut seorang siswa bertanya:
"Apa yang ibu cari?"
Dengan yakin saya menjawab: "Mencari rebung".
Serempak para siswa tertawa.
"Ibu...! rebung itu adanya di bawah. Batang bambu yang baru muncul (bertunas)" jelasnya sambil tersenyum.
"Mencarinya di bawah...! bukan di atas" lanjutnya menegaskan
Sayapun ikut tertawa lucu. Mentertawakan kebodohan ini. 



Sedikit merasa malu, tapi saya mengambil pelajaran bahwa "tidak selamanya guru lebih pintar dari siswa, adakalanya siswa lebih pintar karena pengalaman dan lain sebagainya".



Pontianak di Hotel Gajahmada 
"Seleksi akademik calon kepala sekolah"

Salam kenal untuk rekan guru dari Kabupaten Kayong Utara
Kenangan indah di Sedahan tiada terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar