Kamis, 14 Oktober 2010

DIPANDANG SEBELAH MATA, TERNYATA PENUH KHASIAT


Bagi orang Indonesia JENGKOL atau JERING bukanlah benda asing, sangat akrab dan menjadi makanan favorit, walau bau yang dikeluarkannya cukup menyengat, hal ini tidak membuat penggemar JENGKOL berpaling karena citra rasanya. Apalagi jika mereka mengetahui betapa banyak khasiat yang dikandung si JENGKOL akan membuat pecinta JENGKOL mabuk kepayang karena suka cita.

Bagi yang menjauhi JENGKOL karena bau atau merasa ga' keren, boleh  berpikir ulang. Sebab khasiat yang dimilikinya benar2 telah teruji laboraturim. Mau tahu khasiatnya ???????????

1.  KAYA ZAT GIZI
Diantaranya: Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Vitamin B, Fosfor, Kalsium, Alkaloid, Minyak Atsiri, Steroid, Glikosida, Tanin dan Saponin. 100 gram biji JENGKOL mengandung 80 mg vitamin C. Sedangkan angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk wanita dewasa adalah 75 mg dan 90 mg untuk pria dewasa.

2. TINGGI KALIUM
Jengkol merupakan sumber protein yang baik, yaitu 23,3g per 100g bahan. Kadar protein ini jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu 18,3g per 100g.

3. TINGGI ZAT BESI
kandungannya 4,7g per 100g. kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Gejala-gejala anemia adalah kelelahan, lemah, pucat, dan kurang bergairah, sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Penderita anemia kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah sulit menelan.

4. TINGGI KALSIUM
Kalsium baik bagi tulang, jengkol mengandung kalsium 140mg/100g. Peranan kalsium pada umumnya dapat dibagi dua, yaitu membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur proses biologis dalam tubuh.

Sedangkan kandungan fosfor pada jengkol 166,7mg/100g sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi, serta untuk menyimpan dan pengeluaran energi.

5. KAYA SERAT
Serat tinggi pada jengkol dapat mempelancar proses buang air besar/cuci perut.

6. MENCEGAH BERBAGAI PENYAKIT
Berdasarkan penelitian Seomitro (1987), senyawa aktif dalam kulit halus buah jengkol cendrung menunjukkan efek penurunan kadar gula darah yang besar sehingga baik untuk penderita diabetes/kencing manis, mungkin karena kandungan asam dan mineralnya, juga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

TIPS MENGURANGI BAU SETELAH MAKAN JENGKOL

1. Banyak minum air putih.
2. Makan mentimun.
3. Minum kopi hitam.
4. Makan beras.
5. Menguyah pucuk cengkeh.
6. Gosok gigi/berkumur dgn obat kumur :)

LARANGAN SETELAH MAKAN JENGKOL

Walau  banyak mengandung khasiat, tetapi jangan terlalu banya memakannya, karena jengkol juga ada efek negatifnya seperti KEJENGKOLAN alias susah buang air kecil dan terasa sakit sekali sewaktu keluarnya, ada juga yang bilang penyakit ini anyang-anyangan.

Hal ini disebabkan  karena kandungan asamnya, tetapi tidak semua yang mengkonsumsinya lantas mengalami kejengkolan, menurut ahli kesehatan tergantung kadar asam yang dikandung biji jengkol itu dan juga kadar asam yang terdapat di tubuh kita dan faktor genetika dari diri kita juga mempengaruhi.

Untuk mencegah terjadinya kejengkolan, maka perlu dihindari minum/makan makanan yang mengandung kadar asam tinggi seperti Es Jeruk. Apabila mengalami kejengkolan jangan khawatir obatnya adalah benyak minum air putih dan soda, tentu atas ijin Allah SWT insyaAllah sakitnya akan hilang.




sumber: assajjad & dari berbagai sumber
gambar: http://ngalamkuliner.wordpress.com/

1 komentar:

  1. wah...ini tips yg bagus sekali buat saya yg suka makan jengkol hahahaha....

    BalasHapus