Sabtu, 26 Juni 2010

BUAH HUTAN ASLI KALIMANTAN

Mendapat kiriman dari teman di facebook tentang buah asli Kalimantan dan sudah dikategorikan buah langka, cukup membuatku tertegun, ternyata aku tidak tahu apa-apa tentang pulau yang ku tinggali ini. Sebagai guru aku merasa perlu untuk lebih mengetahuinya dan mengarsipkannya di blog ku ini, agar ketika diperlukan dalam pembelajaran terutama matapelajaran MULOK dapat dipergunakan.



KELEDANG: (Artocarpus lancifolius Roxb) termasuk buah langka bumi Kalimantan. Keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus. Buah Keledang termasuk Famili Moraceae (suku nangka-nangkaan). Kerabat dekatnya adalah buah Mentawa, Kluwih, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, dan Nangka.
 

Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak. Buah keledang termasuk salah satu buah buahan eksotis hutan Kalimantan yg tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini. Hingga pada Desember 2009 di Kota Samarinda, masih banyak penjaja buah dipinggir jalan yang menjualnya. Buah sebesar genggaman tangan orang dewasa dijual dengan harga Rp2.500,00 per buahnya. Sungguh harga yang murah untuk buah yang sudah jarang ditemukan ini. Pelestarian Pohon Keledang belum mendapat perhatian, begitupun dengan buah buah eksotis hutan Kalimantan lainnya. Padahal potensi tumbuhnya sangat mudah dengan perbanyakan melalui biji yang disemai.

LAHUNG
Durio dulcis sejenis tumbuhan penghasil buah yang mirip dengan durian. Tumbuhan ini endemik dari Kalimantan.









KERANTUNGAN
sejenis tumbuhan penghasil buah yang mirip dengan durian. Tumbuhan ini endemik dari Kalimantan. (Perlu diadakan penelitian terhadap buah ini, karena informasi tetang buah ini sangat kurang, bahkan fotonya saja belum tersedia di wikipidea Indonesia).


KAPUL, Si Manggis Berkulit Kayu
Buah Kapul sungguh sangat mirip dengan buah mangis. Hanya kulitnya persis seperti kulit kayu. Beda lainnya adalah pada ujung buah tidak terdapat bentuk bintang, sedangkan di pangkal tangkainya tidak terdapat mahkota. Jika manggis setiap buahnya terdiri atas lima biji, kapul hanya terdiri dari empat buah saja. Warna daging buah putih. Ada juga kapul yang daging buahnya kuning. Rasanya? Persis rasa manggis.

















TARAP, Si Sumber Energi
Buah tarap mirip sekali dengan buah sukun. Kulitnya bagaikan karet yang ditata rapi. Jika kita raba, kulitnya akan menempel ke telapak tangan, seperti kaki cicak. Buah tarap adalah sumber energi. Sebab rasanya sangat manis. Segera setelah kita memakannya, maka energi kita akan segera pulih.
Cara membukanya adalah dengan membelah buah tarap secara membujur. Kemudian kulit buah akan dengan mudah kita kelupas. Yang tertinggal adalah butiran-butiran ranum berwarna putih yang siap dinikmati. Sayang, buah tarap menyebarkan bau seperti cempedak. Sehingga bagi mereka yang tak menyukai buah beraroma, mungkin tak akan menyukai buah tarap.







BEMOTONG Si Kepundung Lancip
Buah bemotong menggerombol di pangkal batang, tepat diatas tanah. Warnanya merah segar. Namun segera akan berubah kecoklatan begitu kita kutip dari pohonnya. Buah yang ukurannya seujung balpoin ini tersusun dalam tandan.
















MANGGA KASTURI (Mangifera casturi)
Merupakan buah mangga spesifik Kalimantan Selatan.
Pohon mangga kasturi bisa mencapai tinggi 25 m dengan diameter batang ± 40 – 115 cm. Kulit kayu berwarna putih keabu-abuan sampai coklat terang, kadangkala terdapat retakan atau celah kecil ± 1 cm berupa kulit kayu mati dan mirip dengan Mangifera indica. Daun bertangkai, berbentuk lanset memanjang dengan ujung runcing dan pada kedua belah sisi tulang daun tengah terdapat 12 – 25 tulang daun samping. Daun muda menggantung lemas dan berwarna ungu tua




LAI  adalah nama buah sejenis durian. Buah ini juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis (kutejensis = berasal dari Kutei)





Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia dan baltyra.com

11 komentar:

  1. seorang teman di FB berkomentar: "Buah ini (LAHUNG) aromanya begitu menyengat dan merangsang buat dicicipi, buah ini namany "KUSIK" nama ilmiahnya apa ya, soal rasa jauh lebih enak dari durian manapun.

    BalasHapus
  2. sungguh memikat buah2an yg satupun saya belum pernah mencicipinya.
    salam persahablogan

    BalasHapus
  3. Sama mas, sy yang tinggal di Kalimantan aja belum pernah melihat secara langsung apalagi mencicipi, tragis ya..!!!
    terimakasih sudah mampir.

    BalasHapus
  4. Teman lain di FB berkata: "Di t4 sy bertugas dahulu (Pustu Kualan Hulu) masyarakat Dayak sekitar menyebutnya (LAHUNG) buah TEMERANANG buahnya memang lbh enak dr duren dan durinya lbh tajam,tp daging buahnya lebih tipis drpd duren...

    BalasHapus
  5. Ternyata LAHUNG mempunyai banyak nama ya..!!! SUBHANALLAH.

    BalasHapus
  6. wah makasih banyak atas ilmu barunya..saya baru tahu :)
    kemarin ada orang kalimantan katanya ada buah lai saya baru tahu disini bentuknya ^^

    BalasHapus
  7. Ditempat saya, ( Kalimantan tengah )
    Lahung itu artinya Pelacur ;))

    BalasHapus
  8. bahasa banjar kalsel jg placur artix...bahasa banjar kalsel jg placur artix...

    BalasHapus
  9. tiap musim buah,,, saya mkn buah tu,,, tp benar langka,, saya jg dibawain paman yg membeli langsung dengan orang dayak di pedalaman,,,rasanya bervariasi dari manis, asam, kecut dll,, biasanya ne buah banyak dicari ibu2 ngidam.... buah asli kalimantan banyak jenisnya. cuma G ada budidayanya,,, makanya jarang ada yang tau,, coz tumbuhnya d padalaman n terancam punah dg smakin meluasnya area pertambangan batubara. saya bukan org pertanian,, mau melestarikan jg G tau caranya, coz pohon2 buah hutan rata2 besar2 n tnggi2.

    BalasHapus
  10. Buah yg paling enek menurut saya buah kledang soalnya dulu di tempat saya banyak sekarang sudah punah

    BalasHapus
  11. buah kusik manisnya
    pake bangettttt

    BalasHapus